Kamis, 23 Desember 2010

Manfaat Mengontrol Glukosa




Pemerintah federal Amerika melakukan studi antara tahun 1983-1993 yang sangat merubah pengelolaan diabetes. Penelitian ini melibatkan 1.441 relawan dengan diabetes tipe 1 pada 29 pusat medis di Amerika Serikat dan Kanada. Selain di Amerika di Inggris pun diadakan studi tentang Diabetes pada tahun 1998.

Hasil dari kedua studi membuktikan bahwa tingkat kontrol gula darah memprediksi onset dan keparahan dari komplikasi diabetes terkait untuk kedua jenis diabetes. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki diabetes, jika Anda dapat menjaga kadar gula darah sedekat mungkin normal, Anda dapat menjalani hidup normal dengan sedikit atau bahkan tidak ada komplikasi sama sekali.

Jika Anda dapat mengontrol tingkat gula darah, dalam jangka pendek, Anda akan:

* Feel better. Merasa lebih baik.
* Stay healthy. Tetap sehat.
* Have more energy. Memiliki lebih banyak energi.
* Mencegah tanda-tanda dan gejala gula darah tinggi seperti merasa sangat haus dan lelah, sering buang air kecil, kehilangan banyak berat badan, memiliki penglihatan kabur, dan memiliki luka dan memar yang lambat untuk menyembuhkan.

Dalam jangka panjang, Anda akan:

* Menurunkan peluang Anda memiliki penyakit mata, penyakit ginjal, kerusakan syaraf dan penyakit jantung.
* Nikmati kualitas hidup yang lebih baik.

Bagaimana mencapai kontrol ketat?

Uji kadar gula darah Anda beberapa kali setiap hari. Hal ini penting untuk menguji tingkat gula dalam darah sehingga dapat memberikan kepada anda informasi yang berarti.

* Sesuaikan dosis obat sesuai asupan makanan dan olahraga.
* Ikuti diet dan rencana latihan. Untuk orang dengan tipe 2 diabetes, olahraga teratur dan menjaga berat badan yang sehat dapat mencegah penggunaan obat-obatan.
* Tetap dalam kontak dekat dengan penyedia layanan kesehatan yang terampil dalam membantu mengelola pasien diabetes.

Siapa yang tidak harus berusaha untuk kontrol yang ketat?

Kontrol ketat tidak dianjurkan untuk semua orang karena usia atau faktor kesehatan lainnya, dan dapat meningkatkan risiko episode gula darah rendah. Dokter dapat membantu Anda memutuskan apakah diperlukan kontrol yang ketat bagi Anda, tapi tidak dianjurkan bagi orang-orang berikut:

* Anak-anak di bawah 13
* Orang dengan penyakit jantung atau komplikasi lanjut
* Orang dengan riwayat sering, hipoglikemia berat (episode gula darah rendah)
* Orang yang sudah lanjut usia

Tahu nomor gula darah anda?

Setiap orang memiliki beberapa gula dalam atau dia darahnya. Jumlah normal gula dalam darah berkisar dari sekitar 70 menjadi sekitar 120 pada orang yang tidak menderita diabetes. gula darah naik setelah makan, tapi kembali ke kisaran normal dalam waktu satu sampai dua jam.

Batas normal gula darah baik bagi sebagian besar orang dengan diabetes adalah dari sekitar 70 sampai 120. Ini adalah sebelum makan - seperti sebelum sarapan - atau empat sampai lima jam setelah makan terakhir Anda. Gula darah anda harus kurang dari 200 sekitar dua jam setelah makan terakhir Anda. Namun, tujuan-tujuan ini bervariasi tergantung pada masing-masing orang. Untuk orang tua, mungkin lebih baik untuk memiliki gula darah tinggi dan tidak terlalu khawatir tentang komplikasi dari resiko mengalami gula darah rendah. Anda akan perlu untuk mengkonsultasikan di luar tujuan pribadi Anda dengan tim perawatan kesehatan Anda.

Ingat, fakta bahwa Anda merasa baik-baik saja bukan berarti anda dapat melewati tes gula darah Anda. Anda dapat merasa baik-baik dan masih memiliki gula darah tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar